Makanan Super Itu Bernama Kurma

BUAH-buahan yang paling dicari selama bulan ramadhan ini tak lain adalah buah kurma. Di berbagai pasar dan toko serba ada di Indonesia pasti menyediakan kurma. Bukan hanya di Indonesia, juga di berbagai negara yang mayoritas muslim.

Kurma adalah tumbuhan yang berasaal dari Teluk Persia.Tinggi pohonnya mencapai 15-25 meter, berbentuk rumpun  dari jenis  akar tunggal. Panjang daunnya 3-5 m,  berduri, menyirip, juga memiliki 50 pucuk daun muda.

Pohon kurma masuk dalam jenis dioecious. Artinya memiliki tanaman jantan dan betina yang hidup terpisah. Dapat tumbuh dengan mudah dari bakal biji.

Sedangkan buahnya berbentuk lonjong-silinder panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm. Ketika muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Berbiji tunggal ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm.

Buah kurma inilah yang menjadi bahan makanan pokok di Timur Tengah. Bahkan sudah dibudidayakan sejak Mesopotamia ke prasejarah Mesir, sekittar 4000 sebelum masehi. Para peneliti arkeolog menemukan bukti bahwa kurma memang sudah dibudidayakan pada 6000 sebelum masehi.

Bangsa Mesir Kuni mengolah kurma menjadi anggur.  Lalu, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di berbagai negara, mulai dari kawasan Asia, Eropa, hingga ke benua Amerika. Bahkan di Amerika Serikat, kurma juga sudah dibudidayakan. Terutama di California, Arizona, dan Florida.

Bagi ummat Islam, berbuka puasa dengan buah kurma adalah sebuah anjuran. Buah ini adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh Rasulullah.

Rasulullah dalam mengkonsumsi yang hanya 3 atau 5 butir kemudian dilanjutkan dengan shalat, dan baru setelahnya melanjutkan dengan makan besar.

Zaman dahulu, umat Islam hanya tahu bahwa apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah adalah sebuah kebaikan.

Umat Muslim seluruh dunia mengikuti apa yang diajarka dan meyakini bahwa apa yang diajarkan adalah sebuah kebaikan.

Namun ternyata, apa yang diajarkan dan dicontohkan Rasulullah itu memiliki makna yang luar biasa. Sekarang terungkap rahasia kurma.  Bahkan ilmu kedokteran barat menjuluki buah kurma sebagai makanan super (makanan yang hampir sempurna).

Salah satunyanya, jika berbuka puasa dengan buah kurma maka mengembalikan kekuatan tubuh. Kurma mengandung gula alami yang tinggii. Gula alami cepat diserap hati yang kemudian berubah menjadi energi untuktubuh.

Artinya, buah kurma dapat mengawali proses pencernaan sekaligus menyediakan energi  untuk mencerna makan besar setelahnya. Kurma adalah sumber dari banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Misalnya vitamin A, B, asam folat, kalium, zat besi, natrium alami, dan magnesium. | sumber: wikipedia, islampos

Comments

comments

About the author

Atjeh Post

Add Comment

Click here to post a comment