Ini 5 Kota Biaya Hidup Termurah, Metro Lampung Salah Satunya

Kota Metro Lampung
Kota Metro Lampung

KENAIKAN biaya hidup —akibat inflasi dan ketidakstabilan ekonomi — sering kali menjadi momok bagi masyarakat. Akibatnya, biaya hidup tinggi menjadi alasan seseorang pindah domisili, mencari tempat dengan biaya hidup lebih rendah agar sesuai dengan isi kantong.

Nah, tahukah Anda, ternyata kota Metro, Lampung, adalah salah satu dari 5 kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia. Di bawah ini adalah daftar lima dengan biya hidup termurah di Indonesia seperti dikutip dari laman kreditgogo.com.

1.Banyuwangi

Kota di ujung timur pulau Jawa ini memiliki biaya hidup paling murah se-Indonesia. Rata-rata untuk satu keluarga dibutukan biaya hidup sekitar Rp 3 juta per bulan.

Meski biaya hidupnya rendah, bukan berarti Banyuwangi adalah kota kecil yang susah dijangkau. Sebaliknya, banyuwangi ini merupakan salah satu kota tujuan wisata.

Dengan julukan The Sunrise of Java, banyuwangi memiliki banyak pesona wisata. Beberapa tempat wisata yang terkenal antara lain: Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, Air Terjun Lider, dan Pantai Plengkung.

2.Kudus

Kota termurah kedua di Indonesia masih terletak di daerah Jawa Timur, yaitu Kudus. Rata-rata biaya hidup bulanan yang harus dikeluarkan satu keluarga adalah Rp 3.079.786 per bulan.

Kudus dikenal juga sebagai kota penghasil kretek. Selain itu, Kudus juga dikenal karena beberapa obyek wisata seperti Menara Kudus, Makam Sunan Muria, Air Terjun Montel, dan tentu saja, Museum Kretek.

3.Singaraja

Tak jauh dari Jawa Timur, tepatnya di Pulau Dewata terdapat kota bernama Singaraja, kota dengan biaya hidup termurah ketiga di Indonesia.

Setiap keluarga di Singaraja hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3.113.745 tiap bulan untuk biaya hidup. Cukup rendah bukan untuk 4 orang?

Anda tidak akan pernah merasa bosan jika hidup di Singaraja. Banyak sekali pesona wisata yang bisa ditemui seperti Air Sanih, Air Terjun Les, Desa Sembiran, Desa Julah, dan Pulau Menjangan. Terdapat pula berbagai Pura, sebut saja Pura Dalem Jagaraga, Pura Medue Karang, dan Pura Beji.

4.Metro

Posisi keempat kota dengan biaya hidup termurah berada di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung. Tempatnya bernama Kota Metro. Di sini, setiap keluarga membutuhkan biaya hidup per sebesar Rp 3.117.533 per bulan.

Metro merupakan kota terbesar dan terpenting kedua di Lampung. Beberapa objek wisata yang dimiliki adalah Taman Merdeka sebagai taman rekreasi keluarga dan Taman Palem Indah sebagai tempat bermain air bagi keluarga.

Situs resmi kota Metro menyebutkan, kota ini bermula dari sebuah induk desa baru yang diberi nama Trimurjo. Dibangun pada 1936, desa ini awalnya diperuntukkan untuk menampung para kolonis.

Kedatangan kolonis pertama pada hari Sabtu 4 April 1936 dan ditempatkan/ditampung pada bedeng-bedeng yang sudah disiapkan oleh pemerintah Hindia Belanda. Sekarang, jejaknya bisa ditelusuri di sekitar kantor PLN atau belakang Masjid Taqwa Metro.

Tiga hari setelah kedatangan kolonis, tepatnya hari Selasa 7 April 1936, para kolonis memperoleh bagian tanah pekarangan. Setelah itu mulailah para kolonis menebang pohon-pohon besar untuk dibangun sebagai tempat tinggal, dan lahan pertanian.

Desa Trimurjo ini berkembang dengan pesat, penduduk kolonis pun semakin bertambah, hubungan/transportasi secara berangsur mulai terbuka, kegiatan perekonomian mulai tumbuh dan berkembang.

Pemerintah Hindia Belanda menyiapkan daerah baru ini secara terencana, peruntukan perumahan, perkantoran, lapangan, pasar, lahan pertanian, dan penggunaan lahan untuk keperluan lainnya telah tertata dengan baik. Kini, desa bekas kolonis itu menjadi kota kedua terpenting di Lampung.

5.Probolinggo

Lagi-lagi kota di timur Jawa menjadi kota dengan biaya hidup termurah.

Probolinggo, yang berjarak sekitar 100km dari Surabaya, adalah kota kelima dengan biaya hidup termurah.  Pengeluaran satu keluarga untuk bisa bertahan hidup tiap bulannya adalah  sebesar Rp 3.295.045.

Pesona yang ditawarkan kota ini pun tak kalah menarik, ada objek wisata Madakaripura, Bentar Indah, Gili Ketapang, dan Gunung Bromo.

Nah, Anda kini tahu di mana saja kota yang paling murah. Kalau Anda tak berencana pindah ke kota-kota itu. Tak ada salahnya jadikan kota tersebut sebagai destinasi wisata murah. []

Comments

comments