Culture Headline1

Seperti Ini Aktifitas di Masjid Agung Istiqlal Selama Ramadan

MASJID Agung Istiqlal Bandarjaya menjadi salah satu masjid termegah di Kabupaten Lampung Tengah. Letak yang tak jauh dari ibukota kabupaten,  membuat masjid ini menjadi pusat peribadatan warga Lampung Tengah sekaligus sebagai tempat singgah para musafir.

Di bulan Suci Ramadhan jumlah musafir kian bertambah, wajar karena Istiqlal memang terletak di jantung salah satu daerah penyangga Lamteng.  Bahkan para musafair itu langsung berbuka atau sahur di masjid kebanggaan masyarakat Lampung Tengah tersebut.

Warga yang beristirahat di sana tak hanya penduduk lokal, melainkan juga pemudik yang melintasi kawasan itu. Warga umumnya, berbaring di pelataran masjid, bahkan hingga ke dalam bagian masjid.  Masjid ini tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat adzan berkumandang, warga berbondong-bondong mendatangi masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah dimasjid.

Bukan sekedar pejalan kaki saja, tetapi parkiran motor dan mobil seketika itu akan penuh dengan sendirinya. Tempat wudhunya yang luas yang bersih dan terpisah antara laki-laki dan perempuan, juga terkadang terdapat beberapa pedagang kitab atau sejenis buku bacaan tentang agama berada disekitar masjid atau diemperan masjid.

Masjid ini sangat luas dan megah, dengan tatanan arsitektur yang megah dan dan desain interior yang sangat menakjubkan, membuat mata takjub dan terpesona melihatnya. Selain itu, dipelataran tempat ibadah terbesar di Lamteng ini juga terdapat beberapa pedagang makanan dan minuman seperti mie ayam, bakso, es dawet dan masih banyak lagi dan jika sore hari pedagang makanan akan lebih ramai lagi.

Masjid Istiqlal Bandar Jaya sebelum berdiri seperti sekarang ini, masjid Istiqlal merupakan renovasi dari masjid Istiqlal yang terdahulu, yang berlokasi di belakang masjid yang sekarang. Ukuran kubahnyaberdiameter 27M, bagi para musafir yang melintas di daerah ini, harus singgah ke masjid termegah di Lampung Tengah.[]

Laporan: Ji Febrian

Comments

comments

Topics