Wisata Religi Khas Banda Aceh

SERAMBI Mekah iya itulah Aceh, salah satu daerah istimewa yang berada di ujung barat Indonesia, daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata religi, karena awal mula penyebaran agama Islam di indonesia bermula dari sini.

Pemerintah kota (PEMKOT) Banda Aceh berupaya mengembangkan parawisata yang berada di Banda Aceh sebagai destinasi wisata Islami dunia. Mengingat moment sekarang sedang berlangsungnya bulan suci Ramadhan.

Potensi yang sangat besar untuk salahsatu tempat parawisata dunia adalah dari wisata sejarah, misalnya Masjid Baiturrahman Aceh yang menjadi pusat peradaban di Aceh, dan biasanya ketika ramadan masjid ini sangat ramai oleh beberapa kegiatan dan masyarakat yang beribadah.

Perda Syariah yang dipakai dianggap menjadi salah salah satu daya tarik wisata karena kulturasi budaya setempat.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh pada Mei 2015 lalu meluncurkan paket wisata “Amazing Ramadhan in Aceh”.

Dalam paket wisata itu, wisatawan dapat menikmati sensasi ramadan di Serambi Mekah, mulai dari sahur hingga berbuka puasa.

Kegiatan rohani lainnya, seperti salat tarawih berjamaah di masjid-masjid yang berada di aceh, khususnya Masjid Raya Baiturrahman, tadarus malam hari, khaduri khatam Al Quran dan Nuzulul Quran juga bisa dinikmati wisatawan.

Tak hanya itu, ziarah kuburan massal korban tsunami Aceh serta berkunjung ke masjid-masjid dan dayah (pesantren) juga masuk dalam paket wisata tersebut.

Selain wisata religi ada juga wisata sejarah yaitu Museum Tsunami dan Museum Tjut Nyak Dien, bagaimana apakah anda tertarik?

source: nationalgeographic.co.id

Comments

comments