Ini Dia Masjid Portabel Pertama di Indonesia

TAK ada alasan bagi seorang muslim untuk meninggalkan kewajiban shalat lima waktunya. Bahkan untuk mengatasi soal ini,  Yayasan Masjid Nusantara bekerjasama dengan Yayasan Rumah Zakat, telah menghadirkan masjid portabel pertama di Indonesia.

Laman merdeka.com memberitakan, masjid portabel itu Jumat 26 Juni 2015, berada di antara kerumunan orang di Sabuga Bandung. “Kebetulan, kami memang sedang berada di situ,” kata Hilman Abdurrahman, bagian Program Yayasan Masjid Nusantara.

Tujuan program ini memang untuk melayani dan memudahkan umat Islam melaksanakan kewajiban lima waktunya. Mereka memilih tempat-tempat keramaian dan menggelar masjidnya. Disebut masjid portable lantaran keberadaan dan bentuknya bisa disesuaikan.

Masjid itu menyesuaikan di mana keramaian itu hadir. Seperangkat alat salat serta sarana pendukungnya; sajadah, mukena, sarung, keran wudlu, bahkan sandal capit, ada di dalam mobil.

Hanya membutuhkan waktu 30 menit saja,  masjid dengan konsep outdor ini langsung hadir di tengah masyarakat. Kemudahan orang menunaikan rukun Islam bisa laksana. Sajadah dengan kapasitas sampai 70 orang digelar. Ditambah dengan Imam dengan pendukung soundsystem bak laksana masjid sungguhan.

Lantaran tempatnya fleksibel, pengelola juga harus menentukan kalibrasi kiblat berbekalkan alat sederhana, kompas.

Baca selengkapnya di www.merdeka.com

Comments

comments