Masjid Seribu Tiang Jambi yang Eksotis

JIKA berkunjung ke Jambi, mampirlah ke Masjid Agung Al-Falah. Ini tempat ibadah umat Islam kebanggaan masyarakat Jambi. Bentuknya mentereng, bahkan ada unsur yang menyerupai Masjid Agung Kota Roma, Italia.

Masjid Agung Al-Falah merupakan masjid terbesar di Jambi, kini sudah tempat ibadah yang juga dikenal dengan nama Masjid 1000 tiang.

Beralamat di Jalan Sultan Thaha, No 60, Legok, Jambi, Kota Jambi, sebetulnya masjid ini mempunyai 256 tiang, namun masyarakat lebih suka menyebutnya masjid seribu tiang.

Masjid ini dibangun pada 1971, dan baru kelar sembilan tahun berselang, lalu diresmikan Presiden ke 2 RI Soeharto pada 29 September 1980. Sekilas desainnya mirip pendopo, yang membedakannya adalah kubah besar yang ada di tengah-tengahnya. Bentuk begini dinilai untuk menunjukkan keterbukaan.

Pemerintah Kota Jambi, memproses perencanaan pembangunan masjid ini sebenarnya sudah sejak 1960. Lalu, pemerintah bersepakat dengan ulama Jambi untuk memulainya pada 1970.

Lokasi pembangunan masjid juga dipilih tempat yang memiliki makna. Yaitu sebidang tanah yangh dulunya adalah bekas Kerajaan Melayu Jambi. Selain itu, masjid ini juga mengacu pada lambang Jambi yang terdapat gambar masjid.

Berada di atas lahan seluas lebih dari 26.890 M2 atau lebih dari 2,7 hektar, dengan luas bangunan masjid adalah 6.400 M2 dengan ukuran 80m x 80m, masjid ini kini menjadi kebanggan rakyat Jambi. Buat beribadah juga sangat luas, mampu menampung 10 ribu jamaah sekaligus.

Tiang masjid ini mirip dengan Masjid Agung Kota Roma, Italia. Ada dua jenisnya, pertama adalah tiang langsing berwarna putih dengan tiga sulur ke atas menyangga sekeliling atap masjid sebelah luar.

Sedangkan bentuk kedua berupa tiang silindir berbalut tembaga yang menopang struktur kubah di tengah bangunan masjid. Penggunaan tembaga untuk menyelimuti tiang silinder dan memeberikan kesan antik namun megah pada interior masjid Al-Falah.

Sementara bagian dalam kubah dihias ornamen mirip garis lintang dan garis bujur bola dumi. Di dalam kubah ada lukisan kaligrafi Al-Qur’an berwarna emas. Sehingga memberi kesan megah.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk berkunjung ke masjid seribu tiang ini? []

Comments

comments