Gunung Kelimutu Indonesia Terindah di Dunia?

GUNUNG Kelimutu, Flores, Nusa Tenggara Timur, termasuk salah satu gunung merapi yang terindah di dunia.

Penabalan Kelimutu sebagai salah satu yang terindah ini berdasarkan survei bbc.com. Untuk melihat tempat-tempat terindah ini, bbc.com bertanya kepada komunitas tanya jawab Quora.com dan menanyakan “Di mana saja gunung berapi terindah di dunia?”

Dari situlah asal muasal mengapa Kelimutu disebut salah satu gunung merapi terindah di dunia.

Jika ingin ke gunung ini maka berkunjunglah ke Flores. letaknya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Menurut keterangan dalam laman wikipedia, Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih.

Disebutkan juga bahwa kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna – warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal.

Danau yang berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung.

Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Para penduduk di sekitar Danau Kelimutu percaya, bahwa pada saat danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang – orang yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik.

Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter. []

Nah, jika ingin tahu gunung merapi mana saja yang terindah di berbagai belahan bumi ini, silahkan klik tautan bbc.com ini.

Comments

comments