Pema Unaya Silaturahmi dengan Pangdam Iskandar Muda

Pemerintah Mahasiswa (PEMA )Universitas Abulyatama bersilaturahmi dengan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto di Ruang  Sanggamara Lounge Makodam IM, Banda Aceh, Jumat (10/04/2015)

Silaturahmi yang yang dilaksanakan atas undangan Pandam Iskandar Muda dan berlangsung selama dua jam tersebut membahas berbagai isu terkini yang terjadi di Aceh.

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto menyampaikan bahwa mahasiswa harus proaktif dalam melihat perkembangan daerah sehingga terjadinya sinergi dalam semangat nasionalisme dan bela negara. Dalam pertemuan tersebut Pangdam Iskandar Muda juga didampingi unsur pimpinan dilingkungan Kodam IM diantaranya Kepala Staf Kodam (Kasdam).

Menurut Agus Kriswanto, TNI siap bekerja sama dengan mahasiswa dalam melaksanakan program-programnya. “Terutama dalam rangka membantu masyarakat di daerah-daerah, baik berupa bakti sosial atau pun kegiatan lain yang dilaksanakan langsung oleh mahasiswa,” katanya.

Ia juga menjelaskan soal pengerahan pasukan di Wilayah Aceh Utara. “Itu hanya semata-mata membantu pihak kepolisian dan memberikan rasa aman bagi masyarakat di daerah tersebut,” kata Pangdam.

Pada kesempatan itu, Presiden Mahasiswa Universitas Abulyatama, Muslim, menyampaikan bahwa TNI harus memperhatikan kondisi psikologis masyarakat. ” Masyarakat Aceh sudah 30 tahun lebih hidup dalam konflik, tentunya ini masih membekas pada masyarakat setempat,” ujar Muslim.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab ini, Presiden Mahasiswa Universitas Abulyatama d dampingi pengurus di lingkungan Pemerintah Mahasiswa Universitas Abulyatama Periode 2015-2016. Di antaranya Sekretaris Jendral Aldian Ilham, Menteri Luar Universitas Irvan Yuliza dan Menteri Kewirausahaan Muhammad Iqbal.

Selain itu, Pema Unayamendukung penuh dan mengapresiasi program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang selama ini dilakukan Kodam Iskandar Muda dalam membantu masyarakat di daerah-daerah. Misalnya membuka akses jalan baru, membantu bercocok tanam dan berbagai macam kegiatan lainnya.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ekonomi masyarakat bisa menjadi lebih baik sehingga keadilan bisa merata dirasakan oleh masyarakat.Ini sangat bagus, sehingga swasembada pangan bisa tercapai,” ujar muslim.

Pertemuan yang juga dihadiri oleh lima perwakilan dari Badan Esekutif Mahasiswa dari lima kampus di wilayah Aceh Besar dan Banda Aceh tersebut berlangsung hangat dan diakhiri dengan makan siang bersama. (El Yamani)

Comments

comments