Ini 11 Jenis Pempek yang Wajib di Coba

Siapa yang tak mengenal makanan yang satu ini, makanan khas Palembang yang mempunyai tekstur kenyal dengan citarasa ikan yang memanjakan lidah dan perut anda. Pempek, salah satu dari sekian banyak makanan khas Palembang yang sangat terkenal di Indonesia, tapi apa kalian tahu asal usul pempek dan apa saja jenis pempek yang ada?

Seperti dilansir kompasiana.com, pempek diyakini berasal dari kata Apek (sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina). Berdasarkan cerita rakyat, dulu ada seorang Apek yang tinggal di tepian sungai Musi. Ia merasa perihatin melihat tangkapan ikan nelayan yang melimpah, namun hanya diolah menjadi ikan goreng atau dipindang saja. Maka ia mencoba berinovasi dengan menggiling ikan itu dan mencampurnya dengan tepung sagu. Setelah menjadi makanan, si Apek tadi menjajakannya keliling kampung, lambat laun warga memanggil nya dengan “pek..pek” bila ingin membeli, nah dari panggilan itu saat ini kita mengenal makanan itu sebagai empek-empek atau pempek.

Jenis pempek ada banyak, setidaknya ada 11 macam pempek palembang yang harus kita coba karena rasanya yang lezat dan bergizi tinggi karena mengandung protein ikan laut/sungai yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya:

1. Pempek Kapal Selam.
2. Pempek Lenjer.
3. Pempek Adaan.
4. Pempek Telur atau kapal selam mini.
5. Pempek Pistel.
6. Pempek Keriting / kerupuk / mie.
7. Pempek Kulit.
8. Pempek Panggang / pempek tunu.
9. Pempek Belah.
10. Pempek Tahu.
11. Pempek Lenggang.

Nah itulah jenis-jenis pempek yang ada di Palembang, jangan lupa mencicipi makanan lezat itu jika berkunjung ke kota dengan sebutan “wong kito”. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Seribu rupiah-15 ribu untuk pempek kapal selam.[]

Comments

comments