Travel

Menikmati Sejuknya Udara di Danau Ranau, Lampung Barat

TERLETAK di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Propinsi Lampung dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan di Sumatera Selatan, danau ini terbentuk akibat gempa bumi dahsyat dan letusan gunung vulkanik. Aliran air yang mengalir di kaki gunung berubah menjadi jurang dan terbentuklah sebuah danau yang disebut Danau Ranau.

Diberi sebutan Danau Ranau, karena tumbuh berbagai tanaman dan semak belukar di tepi danau. Warga sekitar menyebut semak itu sebagai ranau, oleh karena itu Danau itu diberi nama Danau Ranau yang kurang lebih berarti danau yang banyak semak belukarnya.

Danau ini memiliki air yang bersih dan jernih, anda bisa merasakan kesejukan yang menggelitik kulit, bahkan bisa dibilang dingin. Danau ini cocok sekali dikunjungi bersama keluarga untuk menghilangkan penat dan hiruk-pikuk kota yang terkadang menjemukan.

Di danau ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas menyenangkan seperti memancing, berkeliling danau, berbelanja ikan segar langsung dari nelayan dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membakar ikan di pinggir danau sambil piknik bersama keluarga, sangat mengasyikkan bukan ?

Selain itu traveler juga bisa menikmati keindahan alam Danau terbesar kedua se -Sumatera ini sambil refreshing di sumber air panas di Pulau Marisa yang terletak di tengah Danau Ranau dengan menggunakan ketek (perahu motor).

Bagi anda yang ingin menginap disini juga disediakan hotel yang bisa menjadi tempat istirahat anda. Hotel itu terletak di tepi Danau Ranau, dan menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik bagi pengunjungnya.

Ada beberapa tips jika anda ingin berkunjung ke tempat ini:
1. Sebaiknya Anda menawar harga sebeum menggunakan ketek, atau Anda akan dimintai biaya sebesar Rp600ribu, padahal anda bisa menawar harga hingga Rp250ribu. Tergantung dengan tujuan dan kepandaian anda menawar.
2. Jika Anda ingin membeli ikan, sebaiknya Anda membeli pada pagi atau dini hari sehingga Anda tidak perlu menunggu lama.

Danau yang memiliki luas sekitar 44 Kilometer persegi ini juga memiliki air terjun yang tak lengkap rasanya jika tidak dikunjungi saat berwisata ke Danau Ranau.

Comments

comments