Jokowi Minta Gubernur Tak Cuma Kerja di Belakang Meja

Presiden Joko Widodo meminta para gubernur dan wakil gubernur bekerja keras untuk mewujudkan kesejahteraan daerahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan Jokowi seusai melantik tujuh pasang gubernur dan wakilnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

“Kini, saatnya Saudara-saudara menjadi pekerja siang dan malam untuk memastikan setiap rakyat di seluruh pelosok wilayah bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, gubernur dan wagub harus dapat memastikan semua warganya mendapat air bersih, listrik, pendidikan, dan kesehatan yang baik serta terjangkau.

Jokowi juga meminta kepala daerah ikut menjaga daya beli warganya melalui pembukaan lapangan kerja baru dan terobosan lainnya.

“Jangan bekerja di belakang meja, turun langsung ke lapangan untuk mengurai, menyelesaikan masalah,” ujar Jokowi.

Presiden mengatakan, gubernur dan wakilnya adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Maka dari itu, ia meminta pembangunan daerah dilakukan berdasarkan visi dan misi Presiden serta dikombinasikan dengan program janji kampanye kepala daerah. Dengan begitu, akan tercipta pembangunan yang berkesinambungan antar-daerah dan dengan pemerintah pusat.

“Program kementerian atau lembaga pusat ke daerah harus terkonsolidasi dengan baik,” kata Jokowi.

Ketujuh pasangan gubernur-wakil gubernur yang dilantik Presiden Jokowi pada hari ini adalah Sahbirin Noor-Rudy Resnawan (Provinsi Kalimantan Selatan), Zumi Zola Zulkilfi-Fachrori Umar, Irwan Prayitno-Nasrul Abit (Sumatera Barat), Olly Dondokambey-Steven OE Kandouw (Sulawesi Utara), Muhammad Sani-Nurdin Basirun (Kepulauan Riau), Orianto Lambrie-Udin Hianggio (Kalimantan Utara), serta Ridwan Mukti- Rohidin Mersyah (Bengkulu).

Para kepala daerah itu terpilih dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015. | sumber: kompas.com

Comments

comments

About the author

Atjeh Post

Add Comment

Click here to post a comment