Benarkah Draft Rancangan Pemekaran Alabas Sudah Beredar?

Dalam pertemuan gelar seni budaya Alabas yang berlangsung hari ini (14/2/2016) di Medan beredar Draf Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Desain Besar Penataan Daerah.

tagoreDalam dokumen itu tercantum tabel perkiraan penambahan jumlah provinsi dengan pertimbangan kepentingan strategis nasional. Ada 10 provinsi yang direncanakan mekar atas dasar pertimbangan Kawasan Strategis Nasional, salah satunya Aceh.

Asra Saputra Hafis dalam facebooknya memamerkan draf RPP Penataan Daerah. Ia mengatakan, sesuai dengan informasi yang diterimanya dari Tagore Abu Bakar, Aceh masuk dalam pemekaran. “RPP ini sudah masuk dalam finishing,” tulisnya yang berharap Abdya bisa menjadi Ibukota Provinsi Alabas.

Permintaan Jokowi 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Peraturan Pemerintah (PP) tentang Penataan Daerah dan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Desain Besar Penataan Daerah dibuat sebelum membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Daerah Otonomi Baru (DOB).

Permintaan tersebut disampaikan saat Jokowi membuka rapat terbatas (ratas) dengan topik Membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) mengenai Pembentukan Daerah Otonomi Baru, di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2015).

draft pemekaranRatas ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara pada 25 Januari 2016 Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) pernah mengatakan bahwa Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Desain Besar Penataan Daerah (Desertada) serta RPP Penataan Daerah akan dibahas pada Februari 2016.

“Februari sudah bisa kita bahas. Prinsipnya persiapan sudah selesai. Di tingkat pemerintah sudah siap,” kata Dirjen Otda Kemdagri, Sumarsono, Senin (25/1). | sumber: acehtrend.co

Comments

comments