Kue Lapis Legit, Rasa Sempurna Sejak Gigitan Pertama

PERAYAAN lebaran di Indonesia identik dengan makanan yang enak, kue nastar, dan aneka makanan lain. Namun, Lampung memiliki satu menu kue yang sangat diminati dan memiliki rasa manis yang begitu legit.

Lapis legit namanya, kue ini adalah hidangan wajib saat lebaran di Lampung, kue warisan era penjajahan ini begitu banyak penggemarnya. Sensasi rasa yang disuguhkan oleh makanan yang satu ini juga sangat rugi untuk di lewatkan. Rasa lembut saat digigit, rasa manis yang lumer dimulut, akan membuat anda ingin lagi dan lagi setelah gigitan pertama.

Lapis legit ini dulunya disebut spekkoek yang artinya kue lemak babi. Tapi jangan salah, kue ini sama sekali bukan berasal dari lemak babi, melainkan orang Belanda melihat bentuk adonan kue ini sperti lemak babi. Makanan yang tergolong mewah ini, memerlukan ketelitian, keterampilan, dan kesabaran, karena lapisan demi lapisan harus dipanggang secara perlahan dan hati-hati. Salah sedikit dalam pengerjaan, akan merusak kualitas kue, bahkan gagal dalam pembuatan.

Kue ini juga tergolong mahal, butuh sekitar 300 gram mentega dan 30 butir telur ayam, sedangkan tepung terigu hanya sekitar100 gram untuk satu loyangnya.

cara membuatnya, pertama kocok mentega,gula,vanili hingga setengah mengembang, masukkan tepung terigu, susu dan mentega,lalu aduk hingga rata.
Setelah rata mulai Olesi loyang dengan mentega, tuang satu sendok sayur adonan keloyang, panggang dengan api bawah. Setelah lapisan yang dipanggang agak kecoklatan, tuang satu sendok sayur lagi, oven dengan api atas. Tunggu hingga agak kecoklatan.

Jika netizen tak memiliki waktu dan malas repot memasak, kue lapis legit ini biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp250ribu sampai Rp550ribu.[]

Comments

comments