Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan Jantung

PENYAKIT jantung adalah pembunuh mematikan di Inggris. Sekitar 1 dari 6 pria dan 1 dari 10 wanita meninggal karena penyakit ini. Setidaknya, ada 73ribu kasus kematian disebabkan oleh penyakit jantung setiap tahunnya di Inggris.

Seperti dilansir dalilymail.co.uk, hal itu membuat para peneliti asal Institut Nasional Perancis, untuk Penelitian Pertanian di Clermont-Ferrand, Prancis, merekrut 48 wanita sehat berusia antara 50 dan 65 sebagai sampel percobaan studi kesehatan jantung mereka.

Mereka mengatakan bahwa jeruk bali bisa berpengaruh positif pada kesehatan jantung.
Mengkonsumsi setengah jeruk bali sehari sudah cukup untuk membantu sirkulasi darah ke jantung.

Temuan yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa para peneliti mengidentifikasi bahwa zat kimia flavanon yang ada di jeruk bali ternyata bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Mereka memberikan asupan 340 mililiter jus jeruk bali setiap hari dengan flavanon dan setengah lagi tidak. Setelah enam bulan ternyata kelompok yang mengkonsumsi jus dengan flavanon ada peningkatan yang signifikan dalam pembuluh darah mereka.

Peneliti mengukur dengan tes flow-mediated dilation, terbukti mereka yang megkonsumsi flavanon, dinding arterinya lebih melar dan fleksibel. Semakin elastis arteri, semakin baik aliran darah ke jantung.

Dalam laporan temuan mereka, para peneliti mengatakan: “Rutin konsumsi jus jeruk dengan usia setengah baya, dan wanita pasca menopause terbukti sehat untuk membuat arteri lebih elastis dan fleksibel.

“Efek ini mungkin berhubungan dengan flavanon yang hadir dalam jeruk,” ujar para peneliti.

Namun bagi penderita jantung yang sudah ada dan mengkonsumsi obat-obatan, lebih disarankan untuk tidak mengkonsumsi jeruk bali, karena takut akan efek samping yang buruk akibat kenaikan tekanan darah yang signifikan pada pasien.[]

Comments

comments