Laksan, Pempek Rasa Gulai

PALEMBANG dan kulinernya tak pernah habis untuk diceritakan. Aneka pempek, model, tekwan, pindang, tempoyak dan burgo adalah jenis makanan khas yang hampir setiap hari dikonsumsi oleh masyarakat Palembang. Bahkan, makan itu sudah seperti makanan pokok yang wajib hadir di atas meja makan sebagai menu sarapan, makan siang, dan makan malam. Salah satu makanan yang lezat dan terkenal di Palembang adalah Laksan.

Laksan adalah makanan berkuah santan yang berbahan dasar ikan dan sagu. Bisa dikatakan laksan ini merupakan pempek lenjer yang diiris tipis. Karena dalam pembuatan laksan hampir sama dengan pempek lenjer. Laksan ini juga perpaduan antara pempek dan burgo. Karena berisi pempek lenjer yang diiris tipis namun diberi kuah santan seperti burgo.

Sekilas, penampilan makanan khas Palembang ini menyerupai gulai pedas karena kuahnya itu berwarna merah dan beraroma khas kaldu ikan. Rasa pempek yang kenyal dan nikmat dipadukan dengan kuah santan yang gurih dan pedas akan memanjakan lidah anda sejak suapan pertama.

Tekstur yang kenyal dan mengenyangkan, patut menjadi pilihan saat makan siang anda. Cara makan laksan juga cukup simpel. Sama seperti burgo, irisan pempek lenjer yang sudah direbus diiris tipis-tipis lalu letakkan di piring atau mangkuk, lalu siram dengan kuah santan, jangan lupa beri tambahan bawang goreng dan sambal tumis. Semakin pedas laksan ini, akan semakin nikmat rasanya.

Apalagi jika memakannya saat siang hari, selepas penat bekerja dan perut dalam keadaan lapar. Cita rasa yang diberikan akan memuaskan selera makan anda tentunya.

Comments

comments