Yuk Bersantai Ditemani Kue Srikayo khas Palembang

SATU lagi makanan lezat khas kota “Wong Kito” Palembang, kue srikaya atau masyarakat setempat menyebutnya kue srikayo merupakan makanan khas Palembang dengan rasa manis dan legit. Tapi jangan salah persepsi ya, kue srikaya ini tidak ada campuran buah srikaya sama sekali. Melainkan menggunakan santan, telur dan gula dan tidak lupa daun pandan sebagai pewarna dan penambah aroma harum pada kue yang bertekstur lembut ini.

Cara membuat kue ini cukup sederhana, pertama siapkan 200 ml air, 5 butir telur, 2 lembar daun pandan, 1/2 sendok teh garam, 150 gr gula, pewarna makanan hijau seckupnya dan jangan lupa air 350 ml.

Kedua, rebus santan, air, garam dan daun pandan dengan api sedang. Aduk agar santan tidak pecah hingga mendidih. Didikan santan kurang lebih 15 menit, lalu matikan api dan masukan gula, aduk hingga larutm lalu angkat daun pandan.

Ketiga, Kocok lepas telur dan campur dengan adonan santan tadi, lalu saring.
Tuangkan ke dalam cetakan kue mangkok dan kukus selama 30 menit dengan api sedang. Lalu angkat dan dinginkan di kulkas. Simpel bukan ?

kue-srikaya

Kue Srikaya dan Ketan

Uniknya, makanan manis dan legit ini biasa ditemani oleh ketan. Jadi foodist bisa merasakan gurihnya ketan dan manisnya kue srikaya dalam satu kunyahan. Dan rasa nya sudah tidak diragukan lagi. Dijamin lezat dan mengenyangkan. Bagi foodist yang malas repot untuk membuat ketan, kue srikayo ini juga enak jika di sandingkan dengan roti tawar. | sumber: food.detik.com

Comments

comments