Food's

Gulai Kemba’ang, Gulai Iga Asal Bengkulu

GULAI merupakan makanan khas Pulau Sumatera yang berbahan dasar santan, dengan isi berupa sayuran, ikan, udang , ayam dan daging sapi. Gulai ini bumbunya menggunakan bumbu gulai biasa seperti cabe, kunyit, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih dan dedaunan seperti daun salam, daun kunyit, daun jeruk dan serai. Namun untuk daerah Bengkulu sendiri, ada gulai yang cukup terkenal namanya gulai kemba’ang.

Gulai kemba’ang adalah gulai khas bengkulu berbahan dasar iga sapi. Iga sapi itu dimasak sampai empuk atau di presto (agar lebih cepat), lalu kaldunya disaring. Setalah itu bumbu-bumbu ditumis hingga harum lalu masukkan ke rebusan iga, lalu tuang santan aduk sampai mendidih dan matang. jangan lupa masukkan daun pakis, daun talas, garam, asam kandis, gula, dan kelapa sangrai.

Gulai ini sangat sedap disantap di siang hari ataupun sebagai makan malam. Biasanya gulai ini selalu hadir di perayaan besar di Bengkulu misalnya Lebaran.

Bagi kalian yang ingin menikmati lezatnya gulai ini, silahkan datang Langsung ke Bengkulu agar mendapat citarasa khas yang tak bisa disuguhkan oleh daerah lain.

Comments

comments

About the author

Bara Pratama

Add Comment

Click here to post a comment

Topics