Nikmat dan Kenyal Lempok Durian dari Bengkulu

Lempok durian khas Bengkulu, sekilas sama dengan dodol yang ada di daerah Jawa Barat, namun lempok durian ini berbahan dasar daging durian segar yang di olah seperti membuat dodol.

Camilan ini sangat digemari dan biasa dijadikan buah tangan, jika berkunjung ke kota Bengkulu. Lempok durian ini juga sudah menjadi ikon kuliner tempat ini, meskipun beberapa daerah di Sumatra juga memproduksi kuliner jenis ini. Bahkan Pontianak juga memiliki jenis lempok dari durian. Meskipun begitu tetap ada perbedaan dari segi pengolahan dan rasa tentunya.

Dikutip dari menuresepmasakan.com, berikut adalah cara membuat lempok durian khas bengkulu:

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lempok durian :

  1. Dua kg durian, kemudian anda ambil dagingnya saja.
  2. Lima ratus gram gula pasir.
  3. Setengah  sendok teh garam.

Cara membuat lempok durian ini sendiri tergolong cukup mudah, yaitu anda hanya mengaduk-adukkan semua bahan-bahan yang digunakan diatas api sedang. Nah, silahkan anda simak selengkapnya cara membuat lempok durian dibawah ini:

Cara Membuat Lempok Durian :

  1. Siapkan panci dan kuali,
  2. Campurkan semua bahan yang sudah anda siapkan tadi yaitu durian, gula pasir dan garam.
  3.  Letakkan diatas kompor dengan api sedang (jangan terlalu besar), kemudian anda aduk-adukkan hingga semuanya larut dan merata. Lama waktu pengadukan bisa memakan waktu kurang lebih 3 jam.
  4.  Tunggu hingga adonan menjadi kental atau agak kenyal, kemudian adonan lempok tersebut bisa diangkat dan dinginkan.

Jika sudah dingin, kemudian anda kemas ke dalam plastik dengan kapasitas sesuai selera anda. Mudah bukan ? silahkan mencoba dan selamat menikmati.

Comments

comments