sigma 3
  • Page Views 160

Sigma SD Quattro, Kamera Mirroless Dengan Hasil Terbaik

KAMERA mirrorless merupakan sistem kamera masa depan. Meski kamera DSLR masih populer, tapi makin kedepannya semakin banyak fotografer akan pindah ke sistem mirrorless karena mirror/cermin di dalam kamera DSLR menambah berat bobot kamera, jadi lebih mahal dan membatasi kamera dalam hal kecepatan foto serta autofokus.

Sigma merupakan salah satu produsen kamera yang akhirnya masuk juga ke kamera mirrorless dengan mengumumkan dua kamera Sigma SD Quattro dan SD Quattro H. Perbedaan keduanya pada ukuran sensornya. SD Quattro menggunakan sensor APS-C dengan crop factor 1.5X, sedangkan Quattro H bersensor APS-H yang lebih besar tapi belum full frame dengan crop factor 1.3X. Kedua kamera memiliki resolusi setara dengan 39MP dan 51MP.

SD Quattro ini adalah penerus dari kamera SD1 Merril. Berita baiknya adalah pengguna kamera Sigma SD1bisa mengunakan lensa-lensa Sigma SA-nya di kamera baru ini.

Kekuatan utama dari SD Quattro terletak di sensor gambarnya yang dinamakan Foveon yang memiliki tiga lapisan untuk menangkap warna, detail dan ketajaman tinggi. Selain sensornya yang unik, desainnya juga futuristik. Bila diperhatikan Sigma Mirrorless lebih mirip pesawat luar angkasa daripada kamera foto.

Kelebihan lain dari SD Quattro ini adalah peningkatan yang positif seperti jendela bidik, ukuran yang lebih besar memungkinkan baterai berkapasitas besar, autofokus sudah hybrid (fasa+kontras), dan bisa ganti lensa meskipun pilihan terbatas dan ukurannya jadi besar seperti sistem kamera DSLR. Kecepatan proses juga ditingkatkan dengan pemasangan dua processor dalam satu kamera.

Untuk Urusan Harga, sepertinya perusahaan Sigma masih menutup informasi tentang hal itu. Namun diperkiraan dengan spesifikasi dan kualitas yang dimilikinya, kamera ini dibanderol tidak kurang dari 30 jt-an.

|Sumber: infofotografi.com/Enche Tjin

Comments

comments

Share This Article

  • Facebook
  • Google+
  • Twitter

Aceh yang Ramah dan Menawan

Next Story »

Simpang Jernih, Pesona Alam dari Timur Aceh

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ads

Warnet

hub kami

Nature

  • Foto: Tempo.co

    Peneliti : Terumbu Karang Sumatera Memutih

    7 days ago

    Koloni terumbu karang genus Acropora di perairan Pulau Sironjong Gadang, pesisir selatan Sumatera Barat, berwarna pucat. Sebagian besar terumbu karang bercabang banyak itu bahkan tampak putih sempurna. ...

    Read More
  • mangkuk-daun

    Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Styrofoam di Masa Depan

    3 weeks ago

    Styrofoam menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Penggunaannya dinilai praktis dan efisien sehingga banyak diminati. Namun, peningkatan penggunaan wadah berbahan styrofoam yang tak ...

    Read More
  • harimau-kamboja-punah

    Harimau Ini Akhirnya Dinyatakan Punah

    3 weeks ago

    Para aktivis konservasi Kamboja, Rabu (6/4/2016), untuk pertama kalinya menyatakan harimau di negeri itu telah punah. Hutan belantara Kamboja pernah menjadi rumah bagi harimau indochina, organisasi konservasi WWF ...

    Read More
  • Ilustrasi mobil nyetir sendiri | (Shutterstock).

    Mobil ‘Nyetir’ Sendiri Lebih Ramah Lingkungan

    3 weeks ago

    Zia Wadud terakhir belajar mengemudi tiga tahu yang lalu, Ia gagal di tes mengemudi pertamanya. Suatu saat ia berpikir, betapa mudahnya jika ia dapat mengendarai mobil setir ...

    Read More