Hebat, Dara Gayo Ini Siswa Pertukaran Pelajar Terbaik di Amerika

Sisilia Adysti, siswi SMA Negeri 1 Bandar Bener Meriah yang sedang mengikuti Pertukaran Pelajar The Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (KL-YES) terpilih sebagai siswa pertukaran pelajar terbaik bulan December 2015 (student of the month) di Amerika Serikat.

sisilia 2Dari lebih 2000 siswa pertukaran pelajar YES di AS dari berbagai negara, Sisil mewakili Indonesia terpilih karena pengalaman dan usahanya selama di AS mempelajari bahasa isyarat atau dikenal dengan American Sign Language (ASL) dan aktif di berbagai organisasi/komunitas di sekolahnya.

Dia saat ini tinggal bersama keluarga angkatnya di Webster, New York dan bersekolah di Webster Schroeder High School.

“Selain dapat memperbaiki bahasa Inggris, saya juga mendapatkan kesempatan khusus untuk mempelajari bahasa isyarat Amerika (American Sign Language). Ibu angkat saya adalah seorang tunarungu dan saya juga tidak mau selalu bergantung kepada Bapak angkat untuk menjadi penerjemah. Belajar ASL sangat menyenangkan, bukan hanya gerakan tangan tetapi juga dapat melihat ekspresi wajah saat berkomunikasi.” kata Sisil kepada LintasGayo.co, Senin 15 Februari 2016.

sisilia 1Terpilihnya Sisil sebagai Student of The Month baru saja diumumkan pada Rabu, 10 Februari 2016 lalu di website www.yesprograms.org. Pihak YES Program melakukan seleksi ketat dimana siswa harus terpilih dulu direkomendasikan oleh koordinator lokal setelah melihat pengalaman dan track record yang dilakukan oleh Sisil selama ia tinggal di Amerika Serikat.Sisil mengikuti program pertukaran pelajar ini sudah sejak bulan Agustus 2015 lalu melalui Yayasan Bina Antarbudaya sebagai pengelola program beasiswa KL-YES di Indonesia.

Selain Sisil, untuk program tahun 2015-2016 dari Aceh ada tiga siswa lagi yang sedang mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika Serikat yaitu Muhammad Ihsan dari SMA Negeri 1 Langsa, Muhammad Fikri Reza dari SMK Penerbangan Aceh dan Virgina dari SMA Negeri Unggul Aceh Selatan.

“Saya berharap tahun ini akan lebih banyak lagi siswa dari Aceh yang mengikuti seleksi pertukaran pelajar Bina Antarbudaya ini. Khusus untuk siswa kelas X (sepuluh) SMA/sederajat, seleksi akan dibuka pada bulan Maret 2016 nanti, banyak pengalaman dan pembelajaran baru yang saya dapatkan selama mengikuti program ini,” kata Sisil. | sumber: lintasgayo.co

Comments

comments