Ini Dia Wajah Baru Gerbang Dataran Tinggi Gayo!

Wajah baru gerbang wisata di dataran tinggi Gayo, Aceh, akan segera diresmikan. Gerbang dimaksud yakni Bandar Udara (Bandara) Rembele.

Sejak 2014, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengembangkan Bandara Rembele baik dari sisi darat maupun sisi udaranya. “Pekan depan, Presiden RI, Joko Widodo direncanakan meresmikan Bandara Rembele,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub JA Barata, Jakarta, Sabtu (27/2/2016).

Bandara Rembele terletak di ketinggian kurang lebih 1.4000 meter dari permukaan laut. Tepatnya berada di Gampong Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Seperti diketahui dataran tinggi Gayo terkenal dengan tempat wisata alam dan tentu saja kopi gayonya yang terkenal hingga ke penjuru dunia. Sayangnya, akses menuju dataran tinggi Gayo masih terbatas. Oleh karena itu, Kemenhub berharap peresmian Bandara Rembele bisa mempermudah akses ke Gayo.

Saat ini, perjalanan ke dataran tinggi Gayo dilakukan melalui jalur darat dengan waktu tempuh kurang lebih enam jam dari Banda Aceh dan delapan jam dari Medan. Sedangkan, bila melalui jalur udara, waktu tempuh dari Bandara Kualanamu ke Gayo hanya satu jam.

Awalnya, Bandara Rembele hanya mampu didarati oleh pesawat sebesar Fokker 50 atau CN 235. Setelah dikembangkan, Bandara Rembele akan mampu didarati pesawat seri Boeing 737.  | sumber: kompas.com

Comments

comments

About the author

Atjeh Post

Add Comment

Click here to post a comment