Simbol mirip Bintang David di pagar Istana Wali Nanggroe Aceh | Foto: Acehtrend.co.id
  • Page Views 406

Simbol Yahudi di Istana Wali Nanggroe Aceh Dicopot

SETELAH sempat dihebohkan dengan pemasangan ornamen mirip Bintang David –sering juga disebut Bintang Daud—di pagar Istana Wali Nanggroe Aceh, kini lambang mirip bendera Israel itu telah dicopot.

Seorang petugas di Istana Wali Nanggroe yang masih dalam proses pembangunan mengatakan, pencopotan dilakukan setelah seorang anggota DPR Aceh datang ke sana, Senin, 29 Februari 2016.

“Kemarin ada anggota dewan ke sini, kami pun tidak tahu itu Bintang David. Kan biasanya dalam Islam kita juga menggunakan simbol bintang,” kata seorang petugas jaga di sana yang menolak namanya ditulis, Selasa, 1 Maret 2016.

Ihwal Bintang David ini menjadi heboh setelah diberitakan oleh situs berita acehtrend.co.id pada 24 Februari 2016.

Bintang David atau dikenal dengan sebutan heksagram adalah bintang bersudut enam dan hasil penggabungan dua segitiga sama sisi. Simbol ini dalam konteks agama, sejarah dan budaya sebenarnya tidak hanya digunakan oleh Yahudi, tetapi juga ditemukan dalam Hindu, Okultisme, dan Islam. Hanya saja, ketika dipakai sebagai lambing bendera Israel, Bintang David menjadi lebih identik dengan symbol Israel atau Yahudi.

Dalam sejarah Islam, Bintang David pernah digunakan dalam dinasti-dinasti Islam abad pertengahan, terutama era kegemilangan Kekhalifahan Turki Utsmaniyah. Mungkin ini terjadi lantaran Islam juga mengakui Raja David sebagai salah satu Rasul Allah, yakni Nabi Daud. Nabi Daud sendiri berasal dari Bani Israel.

Kepala Keamanan Meuligoe Wali Nanggroe, Hamdani, mengatakan setelah muncul di media, dirinya sempat mendapat telepon dari Anwar, rekanan yang mengerjakan pembangunan Meuligoe Wali Nanggroe.

“Ketika saya cek, sudah tidak ada lagi,” kata Hamdani yang mengaku tidak tahu makna simbol Bintang David.

Dari foto yang beredar, ornament Bintang David itu memang gampang dicopot, sebab ditempel dengan pengelasan pada besi yang berdiri tegak lurus pada bagian pintu gerbang.

Dibangun sejak 2010, hingga kini Meuligoe Wali Nanggroe Aceh belum ditempati. Saat ini, di sisi kiri gedung utama, sedang dibangun sebuah bangunan baru untuk Sekretariat Wali Nanggroe atau disebut juga Katibul Wali.[]

Keterangan foto:
Simbol mirip Bintang David di pagar Istana Wali Nanggroe Aceh | Foto: Acehtrend.co.id

Comments

comments

Share This Article

  • Facebook
  • Google+
  • Twitter

Nabi Isa Palsu Itu Akhirnya Ucapkan Syahadat

Next Story »

Merawat Lingkungan Lewat Tulisan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ads

Warnet

hub kami

Nature