danautoba-6
  • Page Views 267

Pemerintah Segera Wujudkan 10 Bali Baru

Tim 10 Top Destination Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mempercepat pembentukan Badan Otorita Danau Toba, dengan terus menggelar rapat bersama Kementerian Kordinator (Kemenko) Maritim.

“Sejak rapat terbatas (ratas) Percepatan Danatu Toba yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Hotel Niagara, Simalungun, 1 Maret lalu, kami tidak pernah berhenti,” ujar Hiramsyah Sambudhy Thaib, ketua Tim 10 Top Destination Kemenpar.

“Kami sudah sampai ke level teknis, dan semuanya menuju ke upaya percepatan pembentukan Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba,” lanjut Hiramsyah.

Menurut Hirmsyah, semua ini dilakukan atas permintaan Presiden Joko Widodo dan Menpar Arief Yahya. Keduanya menginginkan penciptaan 10 Bari Baru tidak bisa ditunda, dan harus ada kepastian setiap kemajuan di lapangan.

“Dalam bahasa marketing, penciptaan 10 Bali Baru punya urgensi tinggi,” kata Menpar Arief Yahya. “Ujung percepatan adalah kesejahteraan masyarakat.”

Persoalan Danau Toba tidak sederhana, dan telah lama tak terselesaikan, yaitu banyaknya pemangku kepentingan. Tidak aneh jika banyak orang menyebut menciptakan single management bagi Danau Toba adalah mimpi di siang bolong.

Hiramsyah mengatakan dalam rapat Kemenko Maritim dan Kemenpar, hampir semua lembaga berusaha mencari terobosan. Salah satunya, payung hukum badan otorita.

“Yang juga dibicarakan adalah berbagai hal yang dibutuhkan badan otorita agar lebih lincah, gesit, tidak kaku, dan mampu melakukan percepatan pembangunan,” kata Hiram.

Hiram juga mengatakan Kemenpar dan Kemenko akan membentuk tim kerja yang lebih kecil, untuk membahas isu spesifik, target dan program kerja.

“Kita tahu Presiden Joko Widodo tidak sabar untuk melihat pariwisata di Danau Toba,” kata Hiram. []

Comments

comments

Share This Article

  • Facebook
  • Google+
  • Twitter

Jokowi Minta Pemda Kembangkan Ekonomi dan Wisata di Sekitar Bandara Rembele

Next Story »

Group Melia Hotel Lebarkan Sayap ke Bintan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ads

Warnet

hub kami

Nature

  • Foto: Tempo.co

    Peneliti : Terumbu Karang Sumatera Memutih

    7 days ago

    Koloni terumbu karang genus Acropora di perairan Pulau Sironjong Gadang, pesisir selatan Sumatera Barat, berwarna pucat. Sebagian besar terumbu karang bercabang banyak itu bahkan tampak putih sempurna. ...

    Read More
  • mangkuk-daun

    Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Styrofoam di Masa Depan

    2 weeks ago

    Styrofoam menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Penggunaannya dinilai praktis dan efisien sehingga banyak diminati. Namun, peningkatan penggunaan wadah berbahan styrofoam yang tak ...

    Read More
  • harimau-kamboja-punah

    Harimau Ini Akhirnya Dinyatakan Punah

    3 weeks ago

    Para aktivis konservasi Kamboja, Rabu (6/4/2016), untuk pertama kalinya menyatakan harimau di negeri itu telah punah. Hutan belantara Kamboja pernah menjadi rumah bagi harimau indochina, organisasi konservasi WWF ...

    Read More
  • Ilustrasi mobil nyetir sendiri | (Shutterstock).

    Mobil ‘Nyetir’ Sendiri Lebih Ramah Lingkungan

    3 weeks ago

    Zia Wadud terakhir belajar mengemudi tiga tahu yang lalu, Ia gagal di tes mengemudi pertamanya. Suatu saat ia berpikir, betapa mudahnya jika ia dapat mengendarai mobil setir ...

    Read More