Jembatan-Ampera-1
  • Page Views 743

Jelang Gerhana Matahari, Palembang Percantik Jembatan Ampera

Palembang, ibu kota Sumatera Selatan, mempercantik diri jelang Gerhana Matahari Total (GMT), dengan pusatnya di Jembatan Ampera.

Irene Camelyn Sinaga, pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, mengatakan Sumsel akan melakukan yang terbaik dengan beragam acara menarik.

“Kami menggelar edukasi gerhana kepada wisatawan nusantara dan mancengara yang berkunjung ke Palembang,” kata Irene.

Palembang akan membangun semacam laboratorium penelitian mini, dan Jembatan Ampera — yang membentang di atas Sungai Musi — akan didandani dan diisi seribu kursi untuk wisatawan.

“Kami akan pasang lima teleskop di atas Jembatan Ampera,” kata Irene. “Akan ada simulasi pengamatan pada Selasa (8/3), atau sehari sebelum GMT.”

Khusus edukasi astronomi, Irena berjanji melakukan yang terbaik. Teleskop yang dipasang cukup canggih, yaitu reflektor seri R200 155, Newton N. D=200 mm F=800 mm.

Ada pula teleskop reflektor seri Vc 200L/Casse Gren D=200m F=1800m, Coronado 101698, reflektor seri ED 100 SF D=100mm F=900mm. Satu teleskop lainnya diambil dari LAPAN, dan akan tiba di Palembang pada 7 Maret.

“Ada juga festival food truck, demo masak aneka kuliner khas oleh chef ternama dan lomba selfie dengan latar belakang GMT,” kata Irene.

Makanan yang disajikan adalah sandwich, burger, makanan tradisional soto ayam lamongan, dan sop buntut. Juga bakal ada planetorium mini di kawasan Pasar 16 Ilir, hasil kerjasama Kementerian Pariwisata dan LAPAN.

“Ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat, khususnya siswa di Palembang, sebagai edukasi,” kata Irene.

Menpar Arief Yahya mengajak warga Jakarta yang ingin mengedukasi anak-anak tentang gerhana untuk terbang ke Palembang. Ini 350 tahun sekali di tempat yang sama. Silakan menjadi saksi sejarah di Palembang,” ujar Menpar. []

Comments

comments

Share This Article

  • Facebook
  • Google+
  • Twitter

Trend Sosial: Iklan Nissan Indonesia Ini Bikin Terharu Netizen

Next Story »

Wonderful Indonesia Raih Tiga Award India International Travel Mart

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ads

Warnet

hub kami

Nature

  • Foto: Tempo.co

    Peneliti : Terumbu Karang Sumatera Memutih

    6 days ago

    Koloni terumbu karang genus Acropora di perairan Pulau Sironjong Gadang, pesisir selatan Sumatera Barat, berwarna pucat. Sebagian besar terumbu karang bercabang banyak itu bahkan tampak putih sempurna. ...

    Read More
  • mangkuk-daun

    Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Styrofoam di Masa Depan

    2 weeks ago

    Styrofoam menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Penggunaannya dinilai praktis dan efisien sehingga banyak diminati. Namun, peningkatan penggunaan wadah berbahan styrofoam yang tak ...

    Read More
  • harimau-kamboja-punah

    Harimau Ini Akhirnya Dinyatakan Punah

    3 weeks ago

    Para aktivis konservasi Kamboja, Rabu (6/4/2016), untuk pertama kalinya menyatakan harimau di negeri itu telah punah. Hutan belantara Kamboja pernah menjadi rumah bagi harimau indochina, organisasi konservasi WWF ...

    Read More
  • Ilustrasi mobil nyetir sendiri | (Shutterstock).

    Mobil ‘Nyetir’ Sendiri Lebih Ramah Lingkungan

    3 weeks ago

    Zia Wadud terakhir belajar mengemudi tiga tahu yang lalu, Ia gagal di tes mengemudi pertamanya. Suatu saat ia berpikir, betapa mudahnya jika ia dapat mengendarai mobil setir ...

    Read More