kacamata raksasa2

Kacamata Raksasa, Sensasi Gerhana Matahari di Belitung

Belitung akan bikin sensasi saat gerhana matahari total (GMT) melintasi langitnya, yaitu menyaksikan gerhana dengan kacamata raksasa.

Kacamata itu memiliki panjang 960 centimeter dan lebar 60 centimer, dan akan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MuRI).

Ide pembuatan kacamata raksasa ini muncul dari Komunitas Astronomi Imah Noong, yang merupakan sekumpulan warga Kampung Areng, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Jawa Barat.

Kacamata jumbo ini menggunakan satu bingkai, dan didesain dengan sembilan lubang. Kacatama dijamin aman karena setiap lubang dipasangi filter berbahan black polymer neutral density (ND)5.

“Kacamata bisa digunakan 45 orang sekaligus,” kata Tajuddin, Kepala Dinas Pariwisata Bangka-Belitung. “Kini, kacamata itu ada di Pantai Terentang, Bangka, tinggal dipasang filter-nya.”

Menurut Tajuddin, kendati belum digunakan, kacamata ini sukses memikat wisatawan Tiongkok, Prancis, Jepang, dan Malaysia, yang berkunjung ke Pantai Terentang.

“Mereka rela antre untuk sekadar melihat dari dekat kacamata itu,” kata Tajuddin. “Tidak sedikit yang menggoreskan tanda tangan di kacamata itu. Lainnya berselfie.”

Keterangan dari Komunitas Astronomi Imah Noong menyebutkan pembuatan kacamata jumbo ini menghabiskan Rp 60 juta. Bagian paling mahal adalah bingkai kacamata, yang menggunakan akrilik.

“Filternya juga nggak murah, yaitu Rp 15 juta,” kata Tajuddin. []

Foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com

Comments

comments

Share This Article

  • Facebook
  • Google+
  • Twitter

Dapatkan Jadwal Lengkap Gerhana Matahari di Artikel Ini

Next Story »

Geger Video Penyiksaan Keji TKI di Malaysia

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ads

Warnet

hub kami

Nature

  • Foto: Tempo.co

    Peneliti : Terumbu Karang Sumatera Memutih

    1 week ago

    Koloni terumbu karang genus Acropora di perairan Pulau Sironjong Gadang, pesisir selatan Sumatera Barat, berwarna pucat. Sebagian besar terumbu karang bercabang banyak itu bahkan tampak putih sempurna. ...

    Read More
  • mangkuk-daun

    Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Styrofoam di Masa Depan

    3 weeks ago

    Styrofoam menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Penggunaannya dinilai praktis dan efisien sehingga banyak diminati. Namun, peningkatan penggunaan wadah berbahan styrofoam yang tak ...

    Read More
  • harimau-kamboja-punah

    Harimau Ini Akhirnya Dinyatakan Punah

    3 weeks ago

    Para aktivis konservasi Kamboja, Rabu (6/4/2016), untuk pertama kalinya menyatakan harimau di negeri itu telah punah. Hutan belantara Kamboja pernah menjadi rumah bagi harimau indochina, organisasi konservasi WWF ...

    Read More
  • Ilustrasi mobil nyetir sendiri | (Shutterstock).

    Mobil ‘Nyetir’ Sendiri Lebih Ramah Lingkungan

    3 weeks ago

    Zia Wadud terakhir belajar mengemudi tiga tahu yang lalu, Ia gagal di tes mengemudi pertamanya. Suatu saat ia berpikir, betapa mudahnya jika ia dapat mengendarai mobil setir ...

    Read More