vietnam 1
  • Page Views 171

Ada Kampung Pengungsi Vietnam di Batam

KAMPUNG Vietnam. Ini adanya di Pulau Balang, Batam, Kepulauan Riau. Berjarak 50 kilometer dari kota Batam, akses ke sini sangat mudah. Bisa ditempuh melalui jalur darat, melewati Jembatan Barelang, sebuah jembatan yang cantik dan khas di Batam yang menjadi penghubung ke Pulau Balang.

Seperti namanya, kisah kampung ini juga berkaitan dengan Vietnam, sebuah negara yang berada di kawasan paling timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara.

Monumen Perahu. Ini adalah tiga perahu yang warga Vietnam yang terdampar di Pulau Galang.

Monumen Perahu. Ini adalah tiga perahu yang warga Vietnam yang terdampar di Pulau Galang.

Dikisahkan pada 1979, saat perang saudara berkecamuk di negara Vietnam, ratusan ribu rakyatnye mengungsi. Mereka menyelamatkan diri mengarungi lautan luas hingga terdampar di Pulau Balang. Pemerintha Indonesia, mengizinkan mereka menetap di sini.

Persoalan kemanusiaan itu membuat pemerintah membantu mereka, bahkan  memperhatikan segala kebutuhan mereka. Mereka hidup dan tumbuh di sebuah kampung yang saat ini diberi nama Kampung Vietnam. Hingga pada 1996, sedikit demi sedikit warga Vietnam tersebut dipulangkan ke negara asalnya.

Setelah rakyat Vietnam pulang ke negaranya, maka tinggallah lahan kosong yang bekas mereka tempati itu di Pulai Balang. Sehingga jika berkunjung ke Pulau Balang, jangan heran jika melihat sebuah perkampungan tanpa penghuni. Inilah yang namanya Kampung Vietnam.

Makam ini dibangun untuk pengungsi Vietnam. Lebih dari 500 pengungsi Vietnam dimakamkan di Ngha Trang Grave.

Makam ini dibangun untuk pengungsi Vietnam. Lebih dari 500 pengungsi Vietnam dimakamkan di Ngha Trang Grave.

Pemerintah Kepulauan Riau, merawat kampung ini dengan baik. Berbagai peninggalan pengungsi Vietnam masih dijaga dan dilindungi sampai saat ini, termasuk rumah-rumah yang sudah banyak rusak, museum, tempat ibadah, dan ada juga monumen perahu.

Misalnya, ketika memasuki kampung ini, maka yang pertama dijumlai adalah sebuah patung yang diberi nama Patung Kemanusiaan atau Taman Humanity. Patung ini dibangun untuk mengenang kisah tragis salah satu pengungsi perempuan yang harus mati bunuh diri karena peristiwa pemerkosaan oleh sesama pengungsi.

Tak jauh sini, akan dijumpai sebuah pemakaman yang diberi nama Ngha Trang Grave. Makam ini dibangun memang dikhususkan untuk pemakaman pengungsi Vietnam. Waktu itu pegungsi Vietnam banyak yang menderita berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti penyakit kelamin Vietnam Rose. Lebih dari 500 pengungsi Vietnam sudah dimakamkan di Ngha Trang Grave.

vietnam 1

Makam ini dibangun untuk pengungsi Vietnam. Lebih dari 500 pengungsi Vietnam dimakamkan di Ngha Trang Grave.

Ada juga tempat ibadah yang digunakan para pengungsi, yaitu Vihara Quan Am Tu, gereja Katolik Nha Tho Duc Me Vo Nhiem, gereja Protestan, dan mushala.

Selain itu, terdapat juga monumen perahu. Berupa tiga buah perahu yang digunakan pengungsi Vietnam yang terdampar di Pulau Galang. Ini memang perahu asli yang ditarik dari lautan ke darat lalu dijadikan monumen. | sumber teks dan foto: www.tempatwisataid.com

Comments

comments

Share This Article

  • Facebook
  • Google+
  • Twitter

DPR RI Dukung Pembangunan Wisata Perbatasan

Next Story »

Selembar Kain dari Era Raja Daud Ditemukan di Lembah Israel

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ads

Warnet

hub kami

Nature

  • Foto: Tempo.co

    Peneliti : Terumbu Karang Sumatera Memutih

    6 days ago

    Koloni terumbu karang genus Acropora di perairan Pulau Sironjong Gadang, pesisir selatan Sumatera Barat, berwarna pucat. Sebagian besar terumbu karang bercabang banyak itu bahkan tampak putih sempurna. ...

    Read More
  • mangkuk-daun

    Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Styrofoam di Masa Depan

    2 weeks ago

    Styrofoam menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai pembungkus makanan. Penggunaannya dinilai praktis dan efisien sehingga banyak diminati. Namun, peningkatan penggunaan wadah berbahan styrofoam yang tak ...

    Read More
  • harimau-kamboja-punah

    Harimau Ini Akhirnya Dinyatakan Punah

    3 weeks ago

    Para aktivis konservasi Kamboja, Rabu (6/4/2016), untuk pertama kalinya menyatakan harimau di negeri itu telah punah. Hutan belantara Kamboja pernah menjadi rumah bagi harimau indochina, organisasi konservasi WWF ...

    Read More
  • Ilustrasi mobil nyetir sendiri | (Shutterstock).

    Mobil ‘Nyetir’ Sendiri Lebih Ramah Lingkungan

    3 weeks ago

    Zia Wadud terakhir belajar mengemudi tiga tahu yang lalu, Ia gagal di tes mengemudi pertamanya. Suatu saat ia berpikir, betapa mudahnya jika ia dapat mengendarai mobil setir ...

    Read More