Headline2 Travel

Susun Rencana Induk Pariwisata Sabang, BPKS Gaet ITB

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) menggaet Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menyusun cetak biru (master plan) pariwisata Sabang sebagai destinasi pariwisata internasional. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerjasama dilakukan di Biro Rektor ITB, Selasa, 23 Maret 2016.

“Alhamdulillah, kita telah membuat kerjasama dengan Pusat Perencanaan Pengembangan Pariwisata ITB untuk membuat Rencana Induk (masterplan) pariwisata Sabang,” kata Kepala BPKS, Fauzi Husen dalam siaran persnya.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dilakukan oleh Fauzi Husen mewakili BPKS, dan Rektor ITB Prof. Dr. Ir Kadarsah Suryadi.

Menurut Fauzi Husen, MoU ini sangat penting untuk pengembangan sektor pariwisata di Kawasan Sabang yang mencakup Sabang dan Pulo Aceh di Aceh Besar. Apalagi, kata dia, saat ini Kawasan Sabang bagai magnet wisata dunia.

“Sabang akan punya Rencana Induk Pariwisata, sehingga pembangunan pariwisata Sabang lebih terarah. Inilah alasan kita melaksanakan MoU itu, sehingga kita siap untuk menjadi tuan rumah bagi tamu yang akan berkunjung ke Sabang,” tambahnya.

Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal menambahkan, kerjasama itu diantaranya mencakup bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, kepariwisataan dan pengabdian masyarakat.

Irwan mengatakan, untuk menggodok Rencana Induk Pariwisata Sabang akan digelar diskusi terfokus (FGD) dengan pihak terkait di Sabang dan Banda Aceh.

“Mudah-mudahan kedepannya, pembangunan bidang pariwisata akan lebih baik dan terarah sebagaimana diharapkan oleh banyak pihak,” tambah Irwan.

Sementara itu, Rektor ITB Kadarsah Suryadi menyambut baik kerjasama itu dan berharap kerjasama itu dapat menghasilkan dokumen perencanaan bidang pariwisata yang bagus untuk kemajuan pariwisata Sabang. []

Foto: Dok. BPKS

Comments

comments