Travel

Menpar Arief Yahya: Nilai Pemasukan Tour de Bintan Rp 65 M

Menpar Arief Yahya: Nilai Pemasukan Tour de Bintan Rp 65 M

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memperkirakan total nilai pemasukan dari Tour de Bintan mencapai Rp 65 miliar.

“Saya sudah hitung,” kata Menpar Arief Yahya. “Nilai langsung (direct value) Rp 30 miliar, repeater value Rp 16 miliar, dan media value Rp 20 miliar. Jadi, total value Rp 65 miliar, dan diliput 150 media internasional,” kata Menpar Arief Yahya.

Media value-nya, masih menurut Menpar Arief Yahya, hanya 30 persen. Masih kecil, karena umumnya media value sport tourism adalah 65 persen.

“Jadi masih kurang. Karena, target minimum media value seharusnya 50 persen dari total value,” demikian Menpar Arief Yahya. “Namun nilai ini masih belum termasuk value dari media lokal dan nasional.”

Menpar Arief Yahya mencontohkan sebuah even memiliki dampak langsung dan tidak. Dampak langsung MotoGP, misalnya, sekitar Rp 1 triliun, tapi dampak tidak langsungnya Rp 2 triliun.

Pertanyaannya, mengapa dampak langsung atau media value lebih besar?

“Klub-klub profesional Eropa mendapat pemasukan terbesar bukan dari tiket, tapi sponsorship,” kata Menpar. “Jika dipilah lagi, pemasukan terbesar adalah hak siar TV, sponsor equipmen, merchandise, dan lainnya.

Jadi, masih menurut Menpar Arief Yahya, sangat disayangkan jika Tour de Bintan yang telah enam kali diselenggarakan tidak terpromosi dengan baik dan media value-nya lebih kecil dari dampak bisnis langsung.

Natalie Marquet, dari Metasport Singapore dan organisator Tour de Bintan, mengatakan jumlah peserta tahun ini merorot. Tahun lalu, Tour de Bintan dihadiri 1.400 pembalap dari berbagai negara. Tahun ini, hanya 800 pembalap dari 40 negara yang akan berlaga selama tiga hari.

“Total hadiah 10 ribu dolar AS. Kami berterima kasih kepada Pemda Bintan dan Kepulauan Riau, serta Kemenpar RI. Mudah-mudahan tahun depan pesertanya lebih banyak,” kata Natalie

Comments

comments

Topics