Travel

687 Atlet dari 19 Negara Ikuti Sungailiat Triathlon 2016

Sebanyak 687 atlet triathlon dari 19 negara dipastikan bertarung dalam event sport tourism Sungailiat Triathlon 2016, pada 23 April 2016.

Gubernur Bangka Belitung (Babel) H Rustam Effendi mengatakan peserta berasal dari Aljazair, Australiia, Austria, Kanada, Belanda, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Rumania, Singapura, Spanyol, Swedia, Inggris, Amerika Serikat, dan Indonesia

“Peserta dibadi ke dalam tiga kelompok kategori,” kata Rustaf Effendi, saat peluncuran event di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta.

“Pertama kategori long distance, dengan jarak tempuh renang 1,9 kilometer, bersepeda 90 kilometer, dan lari 10 kilometer,” lanjut Gubernur Rustam. “Kedua, kategori standard distance dengan jarak tempuh renang 1,5 kilometer, bersepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer.”

Ketiga, masih menurut Gubernur Rustam, kategori sprint distance; berenang 0,75 kilometer, bersepeda 20 kilometer, dan lari lima kilometer.

Kemenpar mengatakan event ini adalah peluang Propinsi Babel meningkatkan kunjungan wisatawan, dan mendukung program Wonderful Indonesia untuk mencapai 12 juta wisatawan dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara di dalam negeri sepanjang tahun ini.

Data Propinsi Babel memperlihatkan kunjungan wisatawan ke Bangka untuk menyaksikan Sungailiat Triathlon terus meningkat. Tahun 2014, hanya ada 400 wisnus dan 75 wisman yang datang, tahun 2015 menjadi 700 wisnus dan 180 wisman.

Kemenpar memancang target 1,200 wisnus dan 400 wisman yang menyaksikan Sungailiat Triathlon tahun ini, dengan dampak lansung terasa di masyarakat Bangka. Kedatangan wisatawan diharapkan menggairahkan perekonomian.

Bupati Bangka H Tarmiz mengatakan; “Kebetulan Sungailiat Triathlon tahun ini bertepatan dengan ulang tahun kota Sungailiat ke-250. Kami akan bawa seluruh peserta menyaksikan obyek wisata unggulan; Pantai Teluk Uber, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Tikus, Puri Tri Agung, Agro Wisata Rebo, Pantai Rebo, Pantai Mang Kalok, Pantai Air Anyir,  dan Pantai Temberan.[]

Comments

comments